PRAWITA GENPPARI Monitor Perkembangan Kampung Wisata Empang Indrajaya, Tasikmalaya - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 16 September 2024

PRAWITA GENPPARI Monitor Perkembangan Kampung Wisata Empang Indrajaya, Tasikmalaya



Bregasnews.com - “ Ini merupakan kunjungan ke sekian kalinya Tim DPP Prawita GENPPARI mengunjungi Kampung Wisata Empang di desa Indrajaya Tasikmalaya. Selama ini kita sering berdiskusi dengan Pak Kades dalam mengembangkan wisata desa, khususnya berbasis pada potensi yang ada di desa Indrajaya ini. Prawita GENPPARI memiliki kesamaan cara pandang dalam mengembangkan wisata desa terutama berbasis agrowisata yang cocok dengan keadaan dan kondisi desa. Termasuk memadukan konsep pertanian dan perikanan guna melahirkan pengembangan mina tani “, ungkap Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di sela – sela kunjungannya ke desa Indrajaya Tasikmalaya, Jum’at (13/9).


Hal itu ia sampaikan saat melakukan peninjauan konsep Mina Tani, yaitu perpaduan perikanan di sela – sela kebun buah – buahan yang sedang dikembangkan persis di belakang kantor Desa. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Pak Kades Yudi ini sangat kreatid dan inovatif. Dirinya tidak pernah lelah untuk terus berjuang dalam membangun desa. Dedikasi dan pengabdiannya bisa menjadi contoh bagi desa – desa yang lainnya. Termasuk kreativitasnya dalam mengembangkan kampung wisata empang, dimana wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan bercengkrama dengan berbagai jenis ikan yang dipelihara dengan baik di empang tersebut.


Selanjutnya Dede juga menyampaikan bahwa setiap wisatawan yang berkunjung kesini akan dimanjakan oleh keindahan bunga teratai putih dan ungu yang sangat menawan di atas empang. Belum lagi kawanan ikan mas, lele dan nila yang akan berhamburan saat diberi makan. Hal ini tentu akan menjadi aktivitas yang menarik bagi seluruh pengunjung terutama anak-anak. Bahkan pengunjung bisa menangkap ikan tersebut tanpa harus menggunakan alat pancing, tetapi cukup dengan ditangkap pakai tangan saja.


Setelah puas menikmati keindahan dan keteduhan empang, wisatawan dapat mengisi perut dan makan ikan yang ditangkap tadi di saung makan yang menjajakan kuliner tradisional khas Sunda di atas kolam sambil menikmati pemandangan yang indah. Kampung Wisata Empang merupakan salah satu contoh keberhasilan perangkat Desa Indrajaya dalam memaksimalkan potensinya. 


Desa Indrajaya yang terletak di kecamatan Sukaratu, kabupaten Tasikmalaya ini memang memiliki banyak empang alias kolam ikan. Irigasi dan kondisi air dari pegunungan sangat bagus dan tak pernah surut meski di musim kemarau, sehingga memungkinkan dan cocok untuk budidaya perikanan sehingga bernilai ekonomi dan pemanfaatan ruang lahan secara produktif. Ditambah lagi dengan inisiatif kepala desa dalam menggerakan masyarakatnya yang kemudian disambut positif oleh seluruh warganya sehingga lahirlah Kampung Wisata Empang di Desa Indrajaya ini. 


Setiap bulan, Desa Indrajaya rata - rata menerima 280 hingga 300 orang kunjungan wisatawan.. Untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki, Desa Indrajaya pun mengikuti program Desa BRILiaN 2023 yang diinisiasi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa inisiatif BRI dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas desa dalam mengelola potensinya secara optimal. 


“ Oleh karena itu, jangan lupa bagi setiap warga yang berkunjung ke Tasikmalaya jangan lupa untuk mengunjungi Kampung Wisata Empang di desa Indrajaya. Dijamin tidak akan kecewa, bahkan akan merasa sangat puas dan ketagihan untuk datang kembali menikmati berbagai keindahan panorama yang disuguhkan “, pungkas Dede.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman