KPU Kabupaten Brebes Dampingi Pemeriksaan Kesehatan Paslon Mitha-Wurja - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 02 September 2024

KPU Kabupaten Brebes Dampingi Pemeriksaan Kesehatan Paslon Mitha-Wurja

KPU Kabupaten Brebes Saat Dampingi Pemeriksaan Kesehatan Paslon Mitha-Wurja


Bregasnews.com -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes mendampingi pelaksanaan pemeriksaan kesehatan pasangan calon (paslon) Mitha-Wurja untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati Brebes 2024. Paslon ini telah resmi mendaftarkan diri pada Kamis, 29 Agustus lalu. 


Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang pada hari Sabtu, 31 Agustus hingga Minggu, 1 September 2024. 


Usai menjalani pemeriksaan kesehatan, pasangan calon (paslon) Mitha-Wurja berfoto bersama dengan Komisioner KPUD Brebes, menandai selesainya proses pemeriksaan kesehatan yang dijalani oleh kedua paslon.  


Seluruh Komisioner KPU Brebes, termasuk Ketua KPU Brebes, Manja Lestari Damanik, hadir untuk memberikan pendampingan selama proses pemeriksaan.  


"Kehadiran kami di sini merupakan bentuk komitmen KPU Brebes untuk mengawal setiap tahapan Pilkada agar terlaksana secara adil dan demokratis. Pemeriksaan kesehatan bagi Calon Bupati dan Wakil Bupati merupakan salah satu syarat penting yang harus dipenuhi, dan kami memastikan proses ini berjalan dengan baik dan transparan," ujar Manja. Ahad (02/9).


Pemeriksaan kesehatan meliputi berbagai aspek, mulai dari pemeriksaan fisik, laboratorium, dan psikologi.  


“Hasil pemeriksaan kesehatan ini akan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi KPU dalam menentukan kelayakan Paslon untuk mengikuti Pilkada,” jelas Manja.  


Hasil pemeriksaan, rencanya RS Karyadi akan menyampaikan ke KPU Brebes pada 4 September 2024.  


Manja menyebut, masih ada perpanjangan bagi Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang mau mendaftar ke KPU, yakni batas akhirnya sampai 4 September 2024. Sejauh ini, baru ada satu Paslon yang mendaftar. 


Menurut Manja, setelah tes kesehatan diumumkan, proses selanjutnya  pemeriksaan administrasi dan ada tahapan-tahapan lainnya. Sedangkan pengumuman penetapan diterima tidaknya sabagai Paslon untuk bisa berlaga, pada tanggal 22 September 2024. 


Komisioner Bawaslu Kabupaten Brebes Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Karnodo, yang juga hadir, menegaskan komitmen Bawaslu dalam mengawal setiap tahapan Pilkada agar terlaksana secara adil dan demokratis. Ia menyebutkan bahwa pihaknya melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemeriksaan kesehatan Paslon untuk memastikan prosesnya berjalan sesuai dengan aturan dan bebas dari potensi pelanggaran. 


"Sesuai tupoksi kami memastikan kehadiran Paslon melakukan tes kesehatan," kata Karnodo.


Sementara itu, Calon Bupati Brebes, Paramitha Widya Kusuma,  menyampaikan, sepanjang pemeriksaan baik dirinya dan wakilnya yakni Wurja,  semuanya berjalan lancar. Kondisi tubuh semuanya dalam kondisi normal, baik jantung, paru, dan juga bebas narkoba, termasuk kondisi psikis juga bagus. 


"Alhamdulillah, proses pemeriksaan kesehatan untuk saya dan Pak Wurja berjalan lancar. Kami berdua dinyatakan sehat dan fit, baik dari segi jantung, paru, dan juga bebas narkoba. Kondisi psikis kami juga dalam keadaan baik. Ini membuktikan bahwa kami berdua siap untuk menjalankan tugas sebagai calon pemimpin di Kabupaten Brebes." ucap Mitha.


Lebih lanjut, Paramitha menjelaskan bahwa semua hasil pemeriksaan kesehatan sudah langsung disampaikan oleh dokter kepadanya. Pemeriksaan kesehatan meliputi 27 item, yang terberat adalah pengecekan jantung. Sebagai persiapan, ia mengaku cukup tidur dan menjalani puasa sebelum pemeriksaan darah diambil.(Trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman