Idul Adha 2024, H.Ridhohul Khukam Sembelih 15 Ekor Sapi - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 17 Juni 2024

Idul Adha 2024, H.Ridhohul Khukam Sembelih 15 Ekor Sapi




Bregasnews com – Perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Ridhohul Khukam, seorang pengusaha dan tokoh muda Brebes, melaksanakan penyelembelihan hewan Qurban dengan membagikan 3000 paket daging qurban menggunakan daun jati.


Sebanyak 3000 paket daging qurban tersebut berasal dari 15 ekor sapi yang diqurbankan oleh Ridhohul Khukam di kediamannya di Desa Luwungragi, Kecamatan Wanasari, Brebes. 


Dari 15 ekor sapi tersebut, 4 ekor sapi didistribusikan langsung ke warga, yaitu 1 ekor di Pedukuhan Kertasari, Desa Luwungragi, 2 ekor di Desa Sengon, Tanjung, dan 1 ekor di Tegal.


Penggunaan daun jati yang diinisiasi oleh Ridhohul Khukam ini mendapat apresiasi luas dari masyarakat karena penggunaan daun jati sebagai pembungkus, sebagai upaya mendukung kelestarian lingkungan.


Ridhohul Khukam, yang dikenal berjiwa sosial tinggi dan berdermawan, menyampaikan bahwa penggunaan daun jati bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang dapat merusak lingkungan.


"Kami ingin memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan melalui Green Qurban ini. Daun jati sebagai pembungkus bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga memiliki kelebihan lain seperti memberikan aroma alami pada daging dan mempertahankan kesegarannya lebih lama," ujar Ridhohul Khukam, disela-sela kegiatan di kediamannya. Senin (17/6/2024).


Kegiatan ini melibatkan puluhan panitia qurban Covir (Cowo Viral) yang membantu dalam proses penyembelihan, pengemasan, dan distribusi daging qurban.


Ridhohul Khukam bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah Desa Luwungragi dan Kecamatan Wanasari, untuk memastikan pembagian daging Qurban ini berjalan lancar dan tepat sasaran.


Dengan adanya program ini, Ridhohul Khukam berharap dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat luas untuk turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya dalam perayaan-perayaan besar yang sering kali menghasilkan banyak sampah plastik.


Ridhohul Khukam berkomitmen untuk terus menjalankan program-program sosial yang berkelanjutan dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat serta lingkungan. Melalui kegiatan seperti Green Qurban, Ridhohul Khukam ingin menanamkan kesadaran pentingnya menjaga bumi kepada generasi mendatang.


Warga setempat Wati (50) salah satu penerima paket daging qurban memberikan apresiasi kepada Ridhohul khukam atas ide daging qurban yang dibungkus dengan daun jati.


"Saya sangat senang bisa mendapatkan daging qurban yang dibungkus dengan daun jati. Ini adalah ide yang bagus karena kita harus mulai berpikir tentang bagaimana cara mengurangi limbah plastik," kata Wati.


Diketahui sehari sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes melakukan pengecekan seluruh hewan qurban di kediaman Ridhohul Khukam. Hasil pengecekan tersebut menyatakan bahwa semua hewan yang akan diqurbankan sehat dan layak.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman