SMPN 2 Brebes Kawinkan Gelar Siswa Teladan 2017 - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 29 September 2017

SMPN 2 Brebes Kawinkan Gelar Siswa Teladan 2017


Bregasnews.com - Perhelatan seleksi siswa teladan (siswa berprestasi) SMP Kabupaten Brebes telah dilaksanakan pada hari Rabu 20 September 2017 bertempat di SMPN 1 Paguyangan Kabupaten Brebes.
Sebanyak 45 peserta yang terdiri dari 21 peserta putra dan 24 peserta putri saling berlomba menunjukkan keunggulannya baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Tahapan penilaian yang menguras pikiran dan tenaga meliputi tes akademik, portofolio pencapaian prestasi, wawancara, Kemampuan di bidang seni, olahraga, dan juga keterampilan harus dilewati oleh seluruh peserta.

SMPN 2 Brebes mengirimkan 1 peserta putra dan 1 peserta putri. Perwakilan siswa putra dipercayakan pada Alief Flostyo Zulfiqor R siswa kelas 8G, anak pertama dari pasangan Ganang Margono, S.Pd. (guru SMPN 5 Brebes) dengan Siti Munirohatin, S.Pd. (guru SMPN 3 Brebes) yang bertempat tinggal di desa Padasugih.

Sedangkan perwakilan siswa putri dipercayakan pada Salsabil Amalia siswa kelas 9A, anak pertama dari pasangan Munthoha Sukib,S.H. (wiraswasta) dengan Sri Sumiati (dagang) yang bertempat tinggal di Kelurahan Gandasuli Kecamatan Brebes.

Atik Siti Maryam selaku wakil kepala sekolah urusan kesiswaan yang ikut mendampingi peserta didiknya menuturkan, bahwa kedua peserta didiknya telah mengikuti pembekalan semaksimal mungkin dari beberapa pembina yang telah ditunjuk oleh sekolah.

Bagai tidak mengenal lelah, selesai mengikuti jam pembelajaran di kelas keduanva mengikuti pembimbingan secara estafet dari materi yang satu ke maten yang lain, dan kompetensi yang satu ke kompetensi yang lain. Sangatlah disadari bahwa untuk memperoleh prestasi yang luar biasa harus dilakukan dengan pulamanjada wajadda.

Adapun pembekalan yang diikuti oleh keduanya meliputi materi umum, yaitu yang berkaitan dengan penguasaan kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran yang diuji nasionalkajL pembekalan sikap dan materi yang khusus yang berkaitan dengan kompetensi-kompetensi perseorangan.

Kompetensi perseorangan untuk putra meliputi: peningkatan ketajaman memanah (olahraga), pemantapan penguasaan gerak tari Panen dari sumatera barat (seni), dan pemantapan kemampuan membuat robotik (keterampilan).

Sedangkan kompetensi perseorangan untuk puteri meliputi: pemantapan gerak dan teknik karate (olahraga), pemantapan penguasaan gerak tari Ardhaning Sigambir (seni), dan pemantapan kemampuan membuat robotik (keterampilan).

Pada tahap awal penilaian yaitu pada penilaian kompetensi pengetahuan dan penilaian portofolio diperoleh nilai yang saling bersaing dari seluruh peserta, khususnya rta putra.   

Sedangkan pada peserta putri perwakilan dari  SMPN 2  Brebes memperoleh nilai yang terpaut jauh dengan peserta lainnya. Hal ini disebabkan karena Amel (panggilan akrab dari Salsabil Amelia ) memiliki prestasi yang sangat membanggakan pada olah raga karate sebagai Juara 1 karate kelas kadet kurang dari 45 kg tingkat Nasional.

Penilaian pada tahap berikutnya betul-betul  membuat bingung para juri karena seluruh peserta menampilkan kemampuan yang optimal dalam bidang yang berbeda-beda.

Alief atlet pemegang emas untuk cabang panahan tingkat kabupaten Brebes dan Amel atlet karate juara 1 nasional berhasil memukau dewan juri dalam membawakan tari Panen (putra) dan tari Ardhaning Sigambir (putri), juga dalam kompetensi keterampilan robotik-pun sempat mencuri perhatian dan mendapatkan penilaian yang cukup tinggi dari dewan juri.

Setelah seluruh tahapan penilaian dilaksanakan yang dilanjutkan dengan rapat dewan juri, tibalah saatnya pengumuman hasil seleksi siswa teladan SMP tingkat kabupaten Brebes tahun 2017 yang dibacakan oleh Drs. Ali Sutardja, M.Pd. selaku ketua dewan juri. 

Adapun hasil penilaian dewan juri sebagai berikut: peringkat 1 putra diraih oleh Alief Flostyo Zulfiqor R perwakilan dari SMPN 2 Brebes (nilai 157,91) diikuti oleh wakil dari SMPN 1 Bumiayu (nilai: 151,45) sebagai peringkat 2 dan wakil dari SMPN 1 Paguyangan (nilai: 135,55) sebagai peringkat 3. Adapun untuk kelompok putri menetapkan Salsabil Amalia perwakilan dari SMPN 2 Brebes(nilai: 179,57) diikuti oleh wakil dari SMPN 1 Paguyangan (nilai 140,17) sebagai peringkat 2 serta wakil dari SMPN 1 Bumiayu (nilai: 139,47) sebagai peringkat 3.


Raihan prestasi peserta didik SMPN 2 Brebes dalam ajang bergengsi yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Brebes membuat bangga Tarwadi selaku kepala sekolah.

Ia mengucapkan terima kasih kepada kedua peserta didiknya yang telah berhasil dalam seleksi siswa berprestasi (siswa teladan) tingkat kabupaten, juga tidak luput ucapan terima kasih kepada segenap guru yang telah dengan sabar membimbing serta seluruh keluarga besar SMPN 2 Brebes mengingat keberhasilan itu hakekatnya juga keberhasilan SMPN 2 Brebes.

Tarwadi berharap agar ke depan prestasi yang diraih oleh peserta didik SMPN 2 Brebes bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan menuju yang lebih baik lagi. Kalau sekarang pada penilaian bidang tertentu masih ada yang kurang, maka harapan ke depan bisa tetap meraih yang terbaik dengan seluruh unsur penilaian juga terbaik pula. Semua dapat terwujud dengan jalinan kebersamaan dan doa restu dari seluruh warga sekolah. “Insya Allah SMPN 2 Brebes jaya jayajaya selamanya”pungkasnya. (Agung)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman