KPU Brebes Berharap Ada Pemantau Independen Awasi Pilkada Brebes 2024 - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 10 Oktober 2024

KPU Brebes Berharap Ada Pemantau Independen Awasi Pilkada Brebes 2024



Bregasnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes berharap ada pemantau independen untuk mengawasi pemilihan kepala daerah Brebes 2024.


Hal ini disampaikan, Aniq Kanafillah Aziz, Komisioner KPU Brebes usai acara sosialisasi peran dan tanggung jawab pemantau pemilihan kepala daerah Brebes Tahun 2024 di Almayra Convention Hall Grand Dian Hotel, Rabu (9/10/2024).


Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk perwakilan dari organisasi kepemudaan dan agama.


Dijelaskan, Aniq Kanafillah Aziz, tujuan utama sosialisasi pemantau ini adalah untuk meningkatkan partisipasi publik dalam mengawasi jalannya pemilihan, serta memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya peran pemantau dalam memastikan proses pemilihan berjalan transparan, adil, dan bebas dari kecurangan.  


"Sosialisasi ini merupakan upaya kami untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam mengawasi jalannya pemilihan," ujar Aniq Kanafillah Aziz, mewakili Ketua KPU Brebes, Manja Lestari Damanik. 


Menurut, Aniq, meskipun sosialisasi mengenai pemantau telah dilakukan sebanyak dua kali, hingga saat ini belum ada satu pun calon pemantau yang resmi mendaftar di KPU Brebes. 


“Tiga orang dari berbagai lembaga telah mengambil formulir dan syarat-syarat pendaftaran, namun belum mengembalikannya. Kami belum mengetahui alasan mereka belum mengembalikan formulir," ujar Aniq.


"Mungkin kendalanya di anggaran atau legalitas, mengingat pemantau harus terdaftar di Kemenkumham dan bersifat sukarela." imbuhnya.


Aniq berharap agar ada pemantau yang bisa diakreditasi dengan melengkapi syarat-syarat yang ditentukan.  


"Kami berharap ada pemantau dari luar yang mau terlibat dalam memantau jalannya Pilkada Brebes. Keberadaan pemantau dari berbagai lembaga independen diharapkan dapat meningkatkan kredibilitas dan transparansi proses pilkada Brebes." tandas Aniq.


Pendaftaran pemantau Pilkada Brebes 2024 telah dibuka sejak tanggal 27 Februari dan akan ditutup pada tanggal 16 November 2024.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman