Dampak Pandemi-19, Khamami Geluti Usaha Es Batu Kristal Hingga Sukses - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 20 Oktober 2024

Dampak Pandemi-19, Khamami Geluti Usaha Es Batu Kristal Hingga Sukses

Khamami Pensiunan ASN Pemda Brebes Yang Kini Menjadi Pengusaha Es Batu Kristal


BREBES, Sabtu, 19-10-2024 Bregasnews.com - Khamami seorang pensiunan ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemda Brebes, kini mengisi waktu luangnya sembari menjadi pengusaha es batu kristal di kediamannya yang beralamat di Griya Ketanggungan Indah, Desa Kedawung, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes.


Saat dijumpai dikediamannya, Khamami sedang melakukan aktifitas pembuatan es batu kristal bersama sejumlah karyawan. 


Khamami mengatakan, usaha yang dikembangkan saat ini berawal sejak masa pandemi Covid-19 (Corona Virus), pada saat itu ia sempat berfikir untuk usaha apa yang bisa mendulang rejeki di masa pandemi.  


"Kala itu saya sempat kebingungan, sedangkan usaha percetakan mulai sepi dan akhirnya saya berfikir untuk mencoba untuk usaha pembuatan es batu kristal secara otodidak sendiri". ujarnya. 


Ia sempat berfikir panjang, bagaimana cara membuatnya, setelah mencoba belajar pembuatan es batu kristal tersebut, ia memberanikan diri membeli alat produksi yang lebih canggih dan memesan. 


" Yah, airnya kami beli di pegunungan Linggarjati, Kuningan Jawa Barat, karena saya mengutamakan kebersihan dan keamanan produk es batu kristal untuk dikonsumsi banyak orang, sehingga tidak membahayakan bagi yang mengkonsumsinya ketika diminum". terangnya. 


Khamami menyebut, sebelum mulai membuka usaha tersebut, ia mengikuti uji kelayakan air di instansi terkait, setelah di tes LAB semua dan hasilnya lolos tes uji LAB aman untuk dikonsumsi sehingga tidak membahayakan dan bebas dari bakteri, kemudian layak untuk dikonsumsi.


Lebih lanjut, Khamami menuturkan, untuk saat ini dirinya dan sejumlah karyawannya beraktifitas setiap hari hingga memproduksi sekitar 2 ton untuk produksi. 


"Untuk tahap awalnya, saya mempersiapkan bahan bakunya yang dibutuhkan, kemudian air yang sudah difilterisasi dengan mesin RO (Reverse Osmosis), selanjutnya diproses pembekuan es dengan alat produksi es batu kristalnya. Setelah sudah tercetak, es batu kristal kemudian saya mengantongi berbagai macam es batu kristal dengan kemasanan rapi sesuai kebutuhan pelanggan, ada yang satu kemasan harganya Rp.10,000 dan ada pula kemasan yang harganya Rp. 20,000".  


"Untuk pembelian, diantar juga bisa ketempat lokasi pemesan dan adapula yang datang langsung ke tempat saya". Pungkasnya. 


(Didin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman