25 Pembina Terima Penghargaan Kwarnas - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 31 Agustus 2017

25 Pembina Terima Penghargaan Kwarnas


Bregasnews.com - Sedikitnya 25 Pembina menerima tanda penghargaan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berupa lencana Melati, Darmabakti dan Pancawarsa. Penghargaan disematkan oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono selaku Ketua Mabicab didampingi Wakil Bupati, Umi Azizah selaku Ketua Harian Mabicab, Sekretaris Daerah, dokter Widodo Joko Mulyono yang juga Ketua Kwarcab Tegal dan Kepala Dinas Dikbud Retno Suprobowati pada puncak peringatan Hari Pramuka ke - 56 tingkat Kwartir Cabang Tegal di lapangan Pemkab Tegal, Kamis (28/8). 

Hadir dalam kesempatan tersebut Forum Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang juga anggota Mabicab, Para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tegal, Pengurus Kwarcab Tegal dan Kwarran, Para Camat / Ketua Mabiran, Ketua Kwarran se Kwarcab Tegal dan Ribuan anggota Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak Pandega Tegal.

Penghargaan diberikan kepada mereka yang telah memberikan darma bakti dan pengabdiannya kepada Gerakan Pramuka selama minimal 5 tahun atau kelipatannya.

Adapun penerima penghargaan itu antara lain Lencana Melati; Hersudirman (Mabisaka Kalpataru). Lencana Darma Bakti : Nurkhakim (Pengurus Kwarcab Tegal), Ruminah (Pelatih Kwarcab Tegal), dan 24 Pembina penerima Pancawarsa I – VIII. Untuk Pancawarsa antara lain Rasban K Soebiyanto PW VIII (Mabisaka Kalpataru), Waudin PW III (Waka Kwarcab Tegal), Abdul Kholik PW IV  (Kwarran Bumijawa) dan Suhartono PW I (Ketua Kwarran Slawi).

"Kepada para penerima penghargaan dari Gerakan Pramuka, saya sampaikan selamat, terima kasih dan penghargaan yang tinggi, atas jasa-jasa, pengabdian, dan kerjasama selama ini dalam meningkatkan aktivitas Gerakan Pramuka. Semoga penghargaan yang telah diberikan dapat memacu dan membantu tanpa bosan dan lelah guna memajukan Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan bangsa ini,” ungkap Bupati

Bupati meminta, seluruh jajaran pramuka, utamanya anggota dewasa, agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara," kata Enthus yang membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

“Dengan mengusung tema 'Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa', mengindikasikan bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter, melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya,” tandasnya

Dijelaskannya, gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal, akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah. Hal ini mengingat pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter.

"Peranan keluarga sebagai pelaku pendidik informal yang dilakukan orangtua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara persoalan kaum muda sering terjadi diantara rumah dan sekolah, maka menjadi penting peranan gerakan pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang sering terjadi dewasa ini," katanya.

Masih kata Bupati, kerjasama sinergis antara lembaga pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal dalam keluarga sangatlah penting dan menjadi keharusan demi mewujudkan kaum muda yang lebih baik.

Untuk mencapai visi gerakan pramuka masih harus kerja keras jajaran pramuka untuk mewujudkannya dan perlu banyak menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders baik dengan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

"Saya mengajak seluruh pengurus gerakan pramuka dan para pembina gugus depan, bersama-sama meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa,” pungkasnya.(trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman